E-business dan E-commerce (Tugas Softskill 1)

Pengertian e-Business 


E-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semi-otomatis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik. E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Ø  Menurut (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) :
E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama seperti
perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
Ø  Menurut (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) :
E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.
Ø  Menurut (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall) :
E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail maupun grosir.
Ø  Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.

Kelebihan e-business :
·  Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
·     Memberikan nilai bisnis yang berbeda
·     Efisien
·     Peningkatan produktivitas dan keutungan
·     Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.
·  Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).
·     Menurunkan biaya operasional.
·     Meningkatkan customer loyality.
·     Memperpendek waktu produksi.
·   Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Kelemahan E-Business :
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga.Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan.Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen.Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang di lakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak.Misalkan pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker,kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.
  • Kerugian yang tidak terduga.Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

Pengertian e-Commerce
E-Commerce adalah bagian dari e-business karena adanya penggunaan teknologi informasi berupa internet dan jaringan komputer lainnya untuk menjalankan proses bisnis utama beruapa pembelian dan penjualan. 

Beberapa keuntungan yang diperoleh e-commerce :
  • Akses kepada pasar yang lebih luas dan potensi pelanggan baru yang lebih banyak
  • Pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara on-line
  • Meningkatkan efesiensi dalam memberikan layanan pada pelanggan. Dengan internet layanan kepada pelanggan tidak dibatasi oleh jumlah karyawan, jarak dan waktu
  • Penghematan berbagai macam cost antara lain transportasi, komunikasi, telepon, fax, dll

Menurut saya kelebihan e-commerce adalah mampu menangani masalah otomatisasi, integrasi, publikasi, interaksi dan transaksi.
Selain memiliki kelebihan, e-commerce juga memiliki kekurangan diataranya adalah :
  1. Isu Security
  2. Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan
  3. Ketidaktepatan waktu pengiriman barang.
  4. Faktor keamanan transaksi seperti pada keamanan metode pembayaran yang merupakan salah satu hal urgen bagi para konsumen. Masalah ini penting sekali  untuk diperhatikan karena terbukti mulai bermunculan kasus-kasus dalam e-commerce yang berkaitan dengan keamanan transaksi, mulai dari pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses illegal ke sistem informasi (hacking) perusakan website sampai dengan pencurian data.

Untuk web e-commerce yang saya sukai adalah bhinneka.com. Web ini berisi penjualan yang lebih banyak ke gadget, seperti PC, laptop, software, handphone, tablet, printer, dan sebagainya. Mengapa saya menyukai web tersebut? Tampilan web-nya menarik dan bahasa yang digunakan mudah dimengerti untuk kaum awam dan memberikan berita-berita terbaru kedalam postingannya. Selain itu juga untuk produk barang yang akan jual sudah terinci sesuai dengan kategorinya. Namun ada kekurangan dari web tersebut yaitu menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang membuat tampilan terlihat sedikit “berantakan”. 



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar